SitinjauNews

Wednesday, July 7, 2010

Gizi Ibu dan Anak


Oleh Fatma Sari dan Evita Yuni Fitriani S1 Keperawatan STIKES PIALA SAKTI PARIAMAN

BAB I Pendahuluan


Tulisan ini bertujuan menyiapkan presentasi menggunakan MS Power Point untuk topik "Gizi Ibu Dan Anak" untuk memenuhi tugas akhir matakuliah Aplikasi Komputer pada Program Studi D3 Kebidanan STIKES Piala Sakti, Pariaman, Sumatera Barat. Presentasi ini menggunakan sejumlah text, image dan sound yang ditempelkan pada slide, juga dibubuhi animasi agar slide presentasi yang ditampilkan lebih menarik


1.1 Latar Belakang
Gizi adalah pilar utama dari kesehatan dan kesejahteraan sepanjang siklus kehidupan. Sejak janin dalam kandungan, bayi, balita, anak, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Makan yang memenuhi syarat gizi merupakan kebutuhan utama untuk pertahanan hidup, pertumbuhan fisik, perkembangan mental, prestasi kerja, keehatan dan kesejahteraan.
Kesehatan ibu dan anak mempunyai kaitan pada saat ibu hamil dan melahirkan. Bagi kita orang tua membesarkan sang buah hati merupakan tantangan tersendiri. Siapa yang tidak bahagia melihat buah hatinya berkembang pesat dalam masa pertumbuhan? Tentunya tidak hanya secara fisik, tapi juga secara kecerdasan.


1.2 Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam tugas ini adalah seberapa pentingnya gizi ibu dan anak. Gizi sangatlah penting dalam pertumbuhan dan perkembangan, kalau kebutuhan gizi tidak terpenuhi maka pertumbuhan perkembangan juga terganggu.

1.3 Tujuan Penulisan
a. Tujuan umum
Sesuai dengan latar belakang di atas maka penulisan makalah ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan kepada pembaca terutama tentang kebutuhan gizi, terutama pada ibu dan anak.
b. Tujuan khusus
Untuk mengetahui pentingnya gizi pada ibu dan anak.
Agar kita mengetahui manfaat gizi pada ibu dan anak
Agar bayi dan anak Balita Sehat
Manfaat gizi terhadap perkembangan anak


BAB II
TEMPLATE DAN SLIDE


Materi dibawah ini diperlukan untuk membuat tampilan dasar topik yang dibicarakan dalam pembuatan sebuah presentasi seperti template, slide, animation, sound, link dan sebagainya.

2.1 Template
Template adalah halaman utama yang digunakan untuk membuat sebuah halaman baru lainnya.Template juga merupakan Dokumen berisikan model-model yang biasanya digunakan sehingga pengguna dapat langsung menggunakannya dan tidak perlu melakukan pengaturan-pengaturan yang sama berulang kali. Misalnya dalam pembuatan document presentasi, surat, atau data base.

Ada 4 kelompok tempelate yaitu :
1. general berisi persentasi kosong
2. presentation desaign berisi lebih dari 20 desaign tempelate propesional
3. presentations berisi tempelate presentasi yang siap diatur dan memiliki tema khusus
4. web pages berisi tempelate presentasi untuk kerperluan publikasi dalam internet

2.2 Slide
Slide merupakan lembar tayangan berisi materi yang terdapat di power point. Agar slide yang digunakan dapt menarik , tujuan kita dalam menyampaikan suatu topic dapat tercapai dan dapat di mengerti oleh audience dengan efektif , sebaiknya buat terlebih dahulu poin bahasan yang di cantumkan pada slide secara garis besar dan ikuti sub point dari masing-masing yang ada lengkapi point dengan ganbar


BAB III
PRESENTATION


3.1 Pengertian Presentasi
Pada dasarnya presentasi adalah sebuah aktivitas penyampaian ide, gagasan, atau informasi yang dilakukan oleh sesorang atau organisasi dengan tujuan memberikan informasi, mengajak, mengingatkan, dan atau mempengaruhi, kepada pihak lain.
Dengan pengertian tersebut, maka menjadi sebuah keharusan bahwa presentasi yang dilakukan harus direncanakan, dibuat, dan dilakukan dengan baik dan menarik, sehingga tujuan yang diinginkan tercapai.

3.2 Tujuan Presentasi
a) Edukasi atau pendidikan
b) Memberikan Informasi
c) Persuasi atau mempengaruhi

3.3 Jenis-jenis Presentasi
Ada beberapa jenis-jenis presentasi yaitu
1. Oral:Presentasi dengan berbicara
2. Visual:Presentasi dengan menggunakan tampilan
3. Teksual:Presentasi dengan menggunakan teks,selebaran

3.4 Teknik Persentasi yang baik
1. Sajikan Hal Penting atau Hal-hal yang Menarik saja.
2. Banyakin Point-Point dan gambar dari pada tulisan yang panjang
3. Sajikan dengan Suara Jelas, tegas dengan intonasi dan gerak badan yang mendukung.

3.5 Mencetak Presentasi
Pada umumnya presentasi yang telah dibuat dengan MS Power Point akan dicetak dalam dua bentuk, yakni dicetak seperti tampilan di layar komputer (pilihan slide) dan dicetak dalam bentuk handout. Untuk mencetak presentasi yang telah dibuat, langkah yang perlu dilakukan adalah : Dari menu Utama MS Power Point, pilih menu File Print, sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

1. Bila pada kotak Print what, pilihannya adalah Slides, maka hasil cetakan akan persis seperti yang ditampilkan di layar, dalam arti satu kertas satu slide.
2. Akan tetapi, bila pada kotak tersebut pilihannya adalah handout, maka hasil cetakan dapat diatur, bahwa dalam satu halaman cetakan akan berisi berapa slide, tergantung kepentingan.
3. Begitu pula, pilihan pada kotak color/grayscale akan menentukan hasil cetakan apakah warna atau cukup gray atau hitam putih saja.
4. Beberapa pilihan pilihan hasil cetakan juga bisa ditatur dengan memberi tanda pada kotak Scale to fit paper untuk menyesuaikan dengan lebar kertas, frame slides untuk menentukan apakah slide akan menggunakan garis tepi atau tidak, dan seterusnya.
5. Apabila kurang yakin, dapat di-klik tombol Preview untuk melihat hasil cetakan dalam layar komputer, sebelum benar-benar dicetak.
6. Jangan lupa menentukan jenis printer yang sesuai pada kotak Name, yang terletak paling atas pada jendel tersebut di atas.


BAB IV
ANIMASI


4.1 Pengertian
Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan animasi secara utuh diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.

4.2 Berdasarkan Teknik Pembuatan
Animasi dibedakan menjadi sepuluh jenis yaitu :
1. Animasi cel,
2. Animasi frame
3. Animasi sprite
4. Animasi path
5. Animasi pline
6. Animasi vector
7. Animasi clay

4.3 Langkah-langkah Membuat Animasi pada Power Point
1. blok satu persatu dari materi yang ada
2. click kanan pada daerah yang di blok
3. click custom animasi
4. ulang lakah satu sampai tiga sampai semua materi disetting
5. click tombol play atau slide swow pada gambar untuk melihat afek setingan animasi

4.4 Beberapa Alternatif Animasi
Ada yang dapat dibuat adalah :
a. Animasi untuk pergantian slide demi slide
b. Animasi untuk pemunculan setiap text, kata, atau kalimat
c. Animasi untuk pemunculan grafik atau diagram
d. Kombinasi diantara ketiga animasi tersebut




BAB V
APLIKASI PRESENTASI

Tulisan ini Berkatian dengan Askep Jiwa Halusinasi

Perawatan Askep DM

http://www.askepjantungvietha.blogspot.com

No comments:

Post a Comment